Wisata Pantai Parang Tritis Jogjakarta

Siapa yang tak kenal dengan pantai parangtritis??? Pantai yang satu ini sudah menjadi destinasi pariwisata bagi siapa yang sedang berlibur di Yogyakarta.

Pantai parangtritis berada di 27 km selatan dari pusat kota yogyakarta. Akses jalan yang mudah dan perjalanan yang tidak terlalu lama membuat pantai parangtritis selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung.

Untuk menuju ke pantai parangtritis anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau alat transportasi umum yang beroperasi dari jam 05.00 pagi – 17.00. Tak jauh dari pantai parangtritis ada sebuah tebing yang bernama Tebing Gembirawati.

parang tritis

Diatas tebing gembirawati inilah anda bisa melihat laut pantai selatan parangtritis hingga ke batas cakrawala. Sore menjang hari anda juga bisa menyasikan matahari terbenam dari atas tebing gembirawati.

Awalnya saya tidak percaya bahwa di parang tritis ada sebuah candi??? Tapi begitu saya buktikan sendiri candi tersebut memang benar – benar ada.

Candi Gembirawati namanya, candi tersebut terletak disebelah timur tebing gembirawati. Mungkin karena jarak candi dengan bibir pantai parangtritis hanya 100 meter, maka saat berada didekat candi akan mendengar gemuruhnya ombak pantai selatan.

Untuk menuju lokasi candi gembirawati anda bisa melewati jalan menanjak yang ada di dekat Hotel Queen of the South kemudian masuk ke jalan setapak kearah barat kira – kira 100 meter jaraknya.

Pantai parangtritis selain terkenal akan sunsetnya yang indahnya, pantai tersebut terkenal juga dengan mitos dan legenda. Salah satu legenda yang terkenal dan fenomenal adalah legenda ratu roro kidul.

Orang jaman dahulu atau khususnya orang – orang jawa masih percaya akan kebenaran cerita ratu roro kidul bahwa pantai parangtritis adalah sebagai gerbang kerajaan gaib ratu roro kidul yang menguasai pantai laut selatan.

Cerita ratu roro kidul juga pernah diangkat dilayar kaca dan ratu roro kidul sendiri diperankan oleh susana. Arti nama dari Hotel Queen of the South masih sesuai dengan legenda tersebut. Di Hotel Queen of the South anda juga bisa melihat indahnya sunset yang menambah cantiknya pantai parangtritis.

Walaupun sore hari para pengunjung dilarang berenang dipinggir pantai. Namun pantai parangtritis masih ada wahana yang bisa anda nikmati salah satunya ada wahana ATV (All-terrain Vechicel) dan bendi.

Bagi anda yang ingin menyewa ATV tarifnya Rp.50.000 –Rp.100.000. Tapi bagi anda yang tidak suka anda bisa mencoba wahana bendi. Bendi adalah alat transportasi tradisonal yang ditarik dengan dua kuda atau sering disebut kereta kuda. Pantai parangtritis juga dijadikan tempat prewedding, pembuatan video klip, syuting flim dan foto model.

Bermain layang – layang dipinggir pantai seru juga, ya??? Permainan tradisonal atau mainan diwaktu kecil ini sangat menyenangkan, karena angin laut yang kencang membantu layang – layang terbang keatas langit, hehehehehe…………

Pantai parang tritis seperti pantai yang tidak pernah padam. Pantai parangtritis meskipun malam hari tetap masih ramai. Seperti hotel, penginapan, losmen, kafe, tempat ibadah, toilet, warung- warung kecil yang menjajakan kuliner jogja dan pedagang yang dipinggir pantai buka 24 jam, jadi anda jangan khawatir apabila anda ingin bermalam disini.

Gimana nih, anda tertarik untuk bermalam di parangtritis? yuk pilih paket wisata jogja hemat pilihanmu bersama jpswisata.com

Related Posts

About The Author