Mengenal Beberapa Macam Alat Sterilisasi

Istilah sterilisasi banyak kita dengar di berbagai hal. Namun sebagian besar, kata sterilisasi digunakan untuk sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan sesuatu dari pengotornya.

Memang benar demikian, sterilisasi didevinisikan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk menghilangkan mikroorganisme patogeh yang menempel pada satu benda atau berada dalam media tertentu dengan menggunakan metode tertentu.

Metode yang digunakan terbagi menjadi dua macam yaitu metode fisik dan kimiawi. Terkadang, dua metode ini digunakan dalam proses sterilisasi. Contohnya pada sterilisasi alat – alat medis di rumah sakit atau klinik.

Metode sterilisasi erat juga kaitannya dengan alat yang digunakan dalam proses sterilisasi tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa alat sterilisasi dan juga prinsip kerjanya.

Macam Alat Sterilisasi

1. Autoclave

macam macam alat sterilisasi

Alat pertama yang cukup terkenal dalam dunia sterilisasi adalah Autoclave. Orang biasa menyebut dengan Otoklaf, atau terkadang juga Autoklaf. Maksudnya sama, yaitu sebuah alat sterilisasi yang berwujud seperti panci besar yang terbuat dari bahan aluminium tebal dan juga dilengkapi dengan sarangan sebagai wadah alat yang disterilkan.

Autoclave mensterilkan benda dengan menggunakan panas uap bertekanan tinggi. Oleh sebab itu, alat ini terkadang disebut juga dengna sterilisator uap.

Proses sterilisasi dengna metode panas uap ini sering digunakan di rumah sakit dan klinik untuk mensterilkan alat – alat bedah. Tidak jarang konsumen terbanyak di toko alat medis yang jual Autoclve didominasi oleh pihak rumah sakit.

2. Dry Heat Sterilizer

Hampir sama dengan Autoclave hanya saja kebalikannya. Kalau autoclave disebut sebagai sterilisator basah, sedangkan alat ini dinamakan sterilisator kering. Hal ini karena panas yang digunakan bukan berasal dari uap, melainkan dari radiasi infra merah yang bersuhu tinggi dalam alat tersebut.

3. Lampu UV Sterilizer

Jika anda pernah berkunjung ke perusahaan pengolahan air minum kemasan. Mungkin anda akan menemukan banyak sekali lampu berwarna biru. Itulah lampu UV.

Sebuah lampu yang memancarkan sinar Ultraviolet dengan panjang gelombang tertentu. Lampu ini juga digunakan di rumah sakit untuk keperluan sterilisasi ruangan operasi atau ruangan isolasi agar meminimalisir infeksi silang.

Related Posts

About The Author