Keutamaan Prilaku Jujur

Jujur mempunyai arti kesesuaian antara apa yang diucapkan dan diperbuat dengan kenyataan yang ada, jadi bila suatu berita sesuai dengan keadaan yang ada, dikatakan dengan benar atau jujur namun jikalau tidak dikatakan dusta.

Kejujuran itu ada pada ucapan, ada juga pada perbuatan, tentu sesuai dengan yang ada pada batinnya. Demikian juga orang munafik tidaklah dikatakan seorang yang jujur karena dia menampakan dirinya sebagai seorang yang bertauhid, padahal hatinya tidak

Nabi menganjurkan umatnya untuk selalu jujur. Karena kejujuran merupakan akhlak mulia yang akan mengarahkan pemiliknya kepada kebajikan, sebagaimana dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW, “ dari Abdullah ib Mas’ud dari Rasulullah Saw, bersabda: “sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga.”(HR.Bukhari)

Sifat jujur adalah tanda keislaman seseorang dan juga tanda kesempurnaan untuk yang memiliki sifat itu.

Orang yang selalu jujur  mempunyai kedudukan yang tinggi didunia atau diakhirat, dengan kejujuraan seorang hamba akan mencapai derajat orang-oranga yang sangat mulia dan selamat dari segala bentuk keburukan, dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari bahwasanya orang yang jujur akan dipermudah rezeki dan juga urusannya.

Contoh yang perlu kita teladani karena kejujurannya, Nabi Muhammad Saw dipercaya oleh Siti Khadijah untuk membawa barang dagangan lebih banyak lagi. Ini artinnya Nabi Muhammad Saw akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi dan tetntu saja apa yang dilakukan Nabi akan mendapat kemudahan, Banyak sekali contoh dalam kehidupan kita mengenai hikmah dalam perilaku jujur.

Sebaliknya, orang yang tidak jujur atau bohong akan dipersulit rezeki dan segala urusannya, orang yang sering berbohong akan terus berbohong dan seterusnya dan akan mengulangi lagi, Bersyukurlah untuk orang yang pernah berbohong sekali, terus sadar dan mengakui kebohongannya itu sehingga terputus mata rantai kebohongannya.

Kejujuran berbuah kepercayaan sebaliknya dusta menjadikan orang tidak akan percaya lagi walaupun seucappun, akan seulit menrimanya, jujur itu akan membuat hati kita tenang sedangkan berbohong akan membuat hati manusia menjadi tidak nyaman.

Related Posts

About The Author