Kapan Sebaiknya Dilakukan Pemeriksaan USG Pada Kandungan

Pemeriksaan ultrasonogafi (USG) termasuk kedalam rangkaian pemeriksaan yang dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil. Biasanya, pemeriksaan ini sering dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang akan dilahirkan.

Namun, apakah pemeriksaan menggunakan alat USG hanya memiliki tujuan untuk mengetahui jenis kelamin dari janin? Jawabanya adalah tidak, karena secara umum pemeriksaan kandungan dilakukan untuk mengontrol perkembangan dan kesehatan janin selama di dalam kandungan.

pemeriksaan usg

Lalu kapan waktu yang tepat untuk ibu hamil melakukan USG? Sebenarnya USG dapat dilakukan segera setelah seorang perembuan dinyatakan hamil. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan dan mengonfirmasi adanya kehamilan. Biasanya pemeriksaan ini menggunakan alat USG yang dapat melihat kehamilan anda normal atau tidak.

USG juga bermanfaat untuk mengetahui usia kehamilan, merta mengetahui janin yang didalam kandungan kembar atau tidak. Sebenarnya USG dapat dilakukan kapanpun tidak ada batasanya.

Namun, ada baiknya untuk cepat-cepat melakukan pemeriksaan untuk mengantisipasi terjadinya masalah yang mungkin terjadi selama kehamilan. Memeriksakan kandungan adalah salah satu cara yang dilakukan untuk memastikan janin yang sedang anda kandung berada pada tempat yang tepat yaitu di dalam kantong kehamilan di rahim.

Biasanya kantong kemahilan akan mulai terlihat jika usia kandungan memasuki 4-6 minggu. Pada saat itu ibu sudah bisa melakukan pemeriksaan untuk memastikan posis janin pada kandungan.

Sementara untuk ukuran, bentuk dan detak jantung dari janin biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat terdeteksi lewat USG. Secara umum detak jantung bayi dapat terdeteksi setelah usia kehamilan berusia lebih dari delapan minggu.

Maka, USG pertama saat hamil sangat dianjurkan untuk dilakukan saat usia kehamilan sudah lebih dari 8 minggu. Dengan demikian pemeriksaan kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih jelas kesehatan janin anda.

Perkiraan kelahiran dan juga ukuran serta kemungkinan bayi akan mengalami kekurangan atau malah kelebihan berat badan. Untuk memperkirakan persalinan, pemeriksaan USG sangat dianjurkan untuk dilakukan pada trimester pertama kehamilan, yaitu ketika usia janin kurang dari 3 minggu.

Kebanyakan pemeriksaan masa kini mempunyai tingkat keakuratan yang jauh lebih tinggi apabila dibandingkan usia lain selama kehamilan. Jangan terlalu sering melakukan USG Memeriksakan kandungan selama kehamilan adalah hal yang harus dilakukan secara teratur.

Paling tidak semala kehamilan ibu hamil disarankan untuk menemui dokter 1 bulan sekali, ataupun jika terjadi masalah pada kehamilan. Hal tersebut tidak berlaku dengan USG meskipun termasuk pemeriksaan yang sangat dianjurkan dan dapat digunakan meastikan kesehatan sang bayi.

Namun ada baiknya jika USG jangan terlalu sering dilakukan. Pemeriksaan disarankan agar tidak dilakukan secara berlebihan karenan alat USG dapat menghantarkan panas.

Meskipun belum ada seorang penelitian yang mengatakan hal tersebut berbahaya. Namun ada baiknya jika ibu hamil jangan terlalu sering melakukan USG supaya terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Related Posts

About The Author